Sekarang mungkin waktunya kamu mempertimbangkan buat beralih dari WhatsApp biasa ke Whatsapp Business Account (WABA)

Apa itu WABA?

WhatsApp Business Account (WABA), yang dikenal juga sebagai WhatsApp API, adalah akun bisnis resmi di WhatsApp yang dirancang bagi bisnis menengah sampai besar untuk membantu mereka berkomunikasi dengan pembeli secara profesional.

WABA ini tidak bisa langsung dipakai untuk mengirim dan menerima pesan seperti WhatsApp biasa. Kamu harus menghubungkannya ke aplikasi pengelola pesan terlebih dahulu. WABA memungkinkan bisnis mengelola pesan dalam skala besar melalui aplikasi third party yang mendukung fitur otomatisasi, AI, broadcast, dan pengelolaan percakapan yang lebih efektif.

Resiko banned lebih minim, pertumbuhan bisnis makin terjamin!

1 Nomor, Banyak CS

Dengan 1 nomor WABA, tim CS bisa membalas chat bersamaan tanpa takut akun ke-banned. Respon jadi lebih cepat, orderan makin lancar.

Follow-Up Otomatis Jadi Lebih Aman

Maksimalkan fitur template balasan otomatis dari third-party platform buat jawab pertanyaan umum dan tingkatkan penjualan.

Terhubung ke OChat

Lebih gampang integrasikan WABA dengan OChat biar chat dan transaksi jalan otomatis tanpa ribet.

Praktis Pantau Performa

Dapatkan laporan detail tentang performa chat & behaviour pembeli supaya kamu tahu strategi mana yang paling efektif.

Privasi Terjaga, Chat Lebih Aman

Jamin keamanan pesan di WABA yang terenkripsi, jadi hanya pengirim & penerima yang bisa membaca chat.

Jenis Percakapan WhatsApp

Dengan WABA, kamu gak bisa sembarangan kirim pesan ke pembeli karena akan dikira spam. Jadi, ada dua jenis percakapan yang bisa dilakukan:

Percakapan yang Dimulai Konsumen (Inbound) 

Saat pembeli mengirim pesan ke kamu, periode layanan konsumen 24 jam akan terbuka sehingga kamu bisa membalasnya secara gratis. 

Setelah periode ini berakhir, kamu gak bisa lagi membalas kecuali mereka mengirim pesan baru atau kamu mengirim pesan outbound berupa template/broadcast yang berbayar.

Bisnis dapat mengirim semua jenis pesan selama kurun waktu 24 jam, asalkan mereka mematuhi Kebijakan Pesan Bisnis WhatsApp.

Percakapan yang Dimulai Bisnis (Outbound) 

Pesan outbound adalah pesan yang telah disetujui sebelumnya yang digunakan untuk membuka kembali periode layanan konsumen 24 jam atau memulai percakapan baru. 

Percakapan ini terhitung berbayar sesuai dengan jenis pesan yang dikirim, antara lain: utility, marketing, dan service

Jika kamu baru saja membuat akun WABA, kamu baru bisa mengirim 250 percakapan dalam periode 24 jam. Setelah proses verifikasi, jumlahnya akan meningkat menjadi 1.000 dan pada akhirnya dapat mencapai kapasitas pengiriman yang tidak terbatas.

Sekarang mungkin waktunya kamu mempertimbangkan buat beralih dari WhatsApp biasa ke Whatsapp Business Account (WABA)

Baca lebih lanjut soal fitur, pengertian, dan manfaat dari WABA dengan klik tombol di bawah⬇️

Saatnya buat bisnis makin lancar & bebas hambatan!

Pakai WHATSAPP BUSINESS ACCOUNT (WABA) dari OCademy.

Cuma ini yang perlu kamu lakuin buat mulai rasakan manfaatnya!

Apa kata mereka tentang OChat

image (1) (1)

Zine’dine Zaydan

Sangat membantu, semenjak menggunakan OChat, penjualan meningkat dan respon CS cepat. Tidak ada kendala so far, bagus. Yang lebih signifikan dari segi orderannya, awalnya closing paling hanya 20-30 orderan, tapi setelah pakai OChat, orderan 60-80 perhari karna bisa menghandle banyak lead yang masuk dan closingnya juga cepat.

Adrian (1) (1)

Adrian

Semenjak pakai OChat, closing rate bisnis saya melonjak drastis hingga 90%. Padahal, saya masih dalam tahap eksperimen dengan prompt dan bahkan lupa mematikan beberapa pengaturan. Nggak nyangka hasilnya bisa se-powerful ini.

Kamil (1) (1)

Regan Kamil

Baru coba OChat untuk satu produk, closing rate langsung naik dari 60% ke 72%. Nggak cuma itu, saya juga berhasil dapat 44 lead full form hanya untuk produk ini. Hasilnya benar-benar di luar ekspektasi

Business Lite

Direkomendasikan

Rp479K

/bulan

Enterprise Lite

Rp1,499K

/bulan

WABA OCademy hadir buat mendukung bisnismu dengan lebih terjangkau!

Dengan OChat, kamu bisa menghemat hingga 80% biaya Customer Service berkat otomatisasi percakapan yang efisien.

Yuk, tingkatkan closing rate kamu dengan OChat sekarang

Dengan OChat, kamu bisa menghemat hingga 80% biaya Customer Service berkat otomatisasi percakapan yang efisien.

Yuk, tingkatkan closing rate kamu dengan OChat sekarang

Pertanyaan umum (FAQ)

OChat adalah fitur system Omnichannel terbaru dari Orderonline yang berteknologi AI. Producr fitur ini akan membantu mempermudah CS mengoptimasi proses pemesanan, mulai dari menerima, merespon, melakukan tindak lanjut pesanan dan menginput pesanan secara otomatis dari platform WhatsApp, Instagram, Facebook, dan LiveChat ke Order Management OrderOnline.

Tidak, semua orang bisa menggunakan OChat tanpa perlu pengetahuan mengenai IT. Karena cukup berikan pengetahuan aja secara pesan text kepada AI maka AI akan memperlajarinya.

Ya, AI bisa disesuaikan dengan jenis produk yang dijual, misalnya buku anak Islami, asalkan prompt yang diberikan sudah jelas mengenai detail produk dan perintah kondisinya.

Ya, OChat mendukung pemrosesan pesanan COD dan mengintegrasikannya dengan layanan pengiriman lokal yang tersedia.

Tidak ada batasan jumlah pelanggan yang dapat dilayani OChat, karena sistem AI-nya dirancang untuk menangani banyak pesanan sekaligus secara efisien.

Ya, OChat bisa menangani beberapa produk dengan satu nomor WhatsApp.

WhatsApp Business Account (WABA) adalah akun bisnis resmi di WhatsApp yang dirancang untuk membantu bisnis berkomunikasi dengan pembeli secara profesional dalam skala besar.

WhatsApp biasa digunakan untuk komunikasi pribadi dan bisnis kecil dengan jumlah perangkat dan batas pengiriman pesan broadcast yang terbatas. Sedangkan WABA dirancang untuk bisnis skala besar dengan batas penggunaan perangkat dan pengiriman pesan broadcast yang hampir tak terbatas serta dukungan integrasi ke berbagai platform pendukung.

WABA memungkinkan bisnis menangani banyak pembeli sekaligus tanpa batasan jumlah pesan atau risiko banned karena aktivitas yang mencurigakan. Dengan dukungan multi-CS dan sistem pengelolaan pesan yang lebih terstruktur, bisnis bisa memberikan layanan yang lebih cepat, responsif, dan efisien tanpa khawatir melanggar kebijakan dari WhatsApp.

Terdapat 3 pilihan paket yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan bisnismu, antara lain: 

  • Business Lite – Rp479K/Bulan
  • Enterprise Lite – Rp1,499K/Bulan
  • Daftar & Onboarding: Setelah pendaftaran dan pembayaran, isi form onboarding. Tim OCademy akan memandu langkahnya.
  • Hubungkan dengan Aplikasi
    • Pro Lite: Tim OChat akan menghubungkan WABA ke aplikasi third party.
    • Business Lite & Enterprise Lite: Aktifkan OChat di OrderOnline untuk otomatisasi pesan.
  • Aktivasi WABA: OCademy akan mengaktifkan akun WABA dengan nomor yang disediakan.
  • Integrasi Fanspage: Tim OCademy akan menghubungkan WABA ke Fanspage bisnis dan melakukan verifikasi di Business Manager.
  • Finalisasi: Akun diverifikasi oleh tim OCademy sebelum bisa digunakan.

Apakah ada pertanyaan lain? silahkan hubungi kami disini

Ini yang mereka katakan terkait WABA dari OCademy

“WABA dari OCademy membantu pengerjaan leads karena ada fitur auto follow up di awal. Untuk penggunaan banyak nomor pun bisa dimonitor langsung di satu dashboard. Dengan harga sewa yang relatif murah dibanding yang lain juga buat kita bisa lebih efisien atur budget.”

Franky, HnH

“Tim support WABA di OCademy fast response, jadi kalau ada hambatan atau pertanyaan langsung bisa dibantu. Recommended, pokoknya!”

Adriel, VIP Member OCademy

“Pelayanannya mantap sekali, bahkan kalau ada kendala di hari libur pun masih di respons. Ngebantu juga pengerjaan orderan jadi bisa lebih banyak diproses dan lebih bisa terkontrol.”

Diki, User OCademy

Jangan buang waktu dan kesempatan!

Bantu tingkatkan pelayanan serta penjualan bisnismu dengan akun WhatsApp Business Account minim banned dan di-manage langsung oleh META.